HUJAN: MUSIBAH ATAU BERKAH ?

Assalaamualaikum wr wb,

Seringkali kita mengeluh manakala hujan turun terus menerus, apalagi jika ditambah banjir. Dan tak jarang orang sering menyalahkan hujan sebagai penyebab banjir. Al-Qur’an yang mulia memandang hujan sebagai kebaikan (Rahmat) sang pencipta karena dengan air itu Bumi menjadi hidup, berbagai species tumbuhan dan dengannya banyak species binatang lainnya muncul dan berkembang biak. Manusia juga sangat tergantung pada air untuk memenuhi hajat hidupnya. Bagi manusia, air adalah sumber kehidupan. Keajaiban bumi yang terbesar adalah karena planet ini dihuni makhluk hidup termasuk manusia. Diantara milyaran bintang-bintang yang tersebar di alam semesta ini, sampai saat ini belum ditemukan bukti nyata tentang adanya makhluk hidup lain selain di bumi. Adanya kehidupan adalah karena adanya air. Karena keberadaan air merupakan salah satu persyaratan utama bagi berlangsungnya kehidupan.

Dalam Al-Qur’an banyak ayat yang mengundang perhatian kita pada fungsi istimewa hujan, yaitu memberi kehidupan kepada negeri yang sudah mati”. Disamping menyediakan air untuk bumi, hujan juga berpengaruh terhadap kesuburan. Hujan sesungguhnya merupakan salah satu unsure-unsur terpenting bagi kelangungan hidup di bumi. Dalam surat az-zukhruf, hujan didefinisikan sebagai air yang diturunkan dengan “ukuran yang sesuai”. “ukuran” yang dimaksud dalam ayat ini berkaitan dengan sifat hujan. Pertama, air hujan yang jatuh ke bumi selalu sama. Diperkirakan dalam satu detik, 16 juta ton air menguap dari bumi. Angka ini sama dengan curah hujan yang jatuh ke bumi dalam satu detik. Ini berarti air terus menerus beredar di dalam suatu daur yang seimbang.

Air hujan yang mencapai awan setelah diuapkan dari laut mengandung zat-zat tertentu “yang menghidupkan” negeri (tanah) yang telah mati.lapisan mikro yang terdapat di laut memiliki ketipisan kurang dari sepersepuluh millimeter banyak mengandung sisa organic dari zooplankton dan alga mikroskopis.

Sekian dulu sobat lain waktu disambung lagi.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Lingkungan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s