Seperti Apa Backlink berkualitas itu ?

Tak pelak lagi untuk menempati posisi bergengsi di serp ada beberapa faktor disamping faktor internal blog seperti optimasi on page SEO dan Off page SEO, nah kali ini saya ingin menyoroti tentang off page SEO. Walaupun saya seorang newbie tapi ingin mencoba mencerna pemaparan master master SEO. Yang jadi pertanyaan saya apakah backlink masih berfungsi/ berpengaruh di era Pinguin Google ?. dari analisis saya pada suatu kontes SEO pemenang suatu kontes tak jarang mempunyai backlink yang lebih sedikit dibanding yang lainnya. Analoginya begini juara pertama kontes mempunyai backlink Cuma 400 backlink sedangkan juara ke 2 dan juara ke 3 masing-masing mempunyai backlink 3000 buah dan 4000 buah. Kenapa bisa begitu ya sobat ?, setelah diselidik ya intinya ada pada backlink yang berkualitas.Lalu apa yang disebut dengan backlink berkualitas ?, pada kontes SEO Fortuner SUV Terbaik saya juga mencoba  mencari backlink yang berkualitas. Menurut para master SEO yang disebut backlink berkualitas harus memenuhi Kriteria sebagai berikut :

  1. Backlink dari blog atau situs yang mempunyai thema sama (seniche).
  2. Backlink dari blog yang mempunyi PR  tinggi.
  3. Backlink dari situs yang mempunyai authority yang tinggi seperti dari situs EDU, GOV (bisa dibaca juga tentang dropmylink.com) dan Wikipedia.
  4. Backlink dari Social Bookmarks, apalagi social bookmarks punya PR tinggi.
  5. Backlink dari artikel direktori yang ber PR tinggi, seperti dari EzineArticles.com, ArticleBase.com, Kompasiana.com.
  6. Backlink dari Press Releaseseperti dari prweb.com
  7. Backlink dari blog dofollow PR tinggi, walaupun pada era pinguin sekarang ini blog nofollow juga diperhitungkan sebagai backlink.

Demikian beberapa point yang harus diperhatikan dalam mencari backlink yang berkualitas, jadi kelihatannya terjawab sudah pertanyaan diatas bahwa di era penguin sekarang ini backlink yang sedikit tapi berkualitas tinggi sanggup mengalahkan blog/situs yang mempunyai backlink yang banyak tapi berkualitas rendah , jadi wajar aja dalam ajang kontes SEO sang juara pertama dengan backlink yang lebih sedikit disbanding pesaingnya sanggup menduduki urutan pertama di Serp dan mengalahkan blog dengan backlink banyak tapi berkualitas rendah. Dalam kontes SEO Fortuner SUV Terbaik juga (maaf nyundul lagi gan) setelah saya mensubmit ke social bookmark yang ber PR tinggi (salah stu point diatas) urutan serp langsung melejit naik ke urutan tinggi Serp..

Apalagi jika kita menggabungkan beberapa point diatas untuk membangun backlink terhadap blog kita akan terasa pengaruhnya terhadap kenaikan posisi blog kita di serp google.co.id, tapi menurut para master SEO membangun banklink jangan sekaligus tapi harus bertahap supay tidak dianggap spam sam sang penguin.

Sekian terimakasih..

Iklan
Pos ini dipublikasikan di SEO dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Seperti Apa Backlink berkualitas itu ?

  1. Ping balik: Goyangan Mbah Google | peni faridah khaerani

  2. eko wiyono berkata:

    backlink dari bloggers bagus gak? itu masuk jenis backlink apa??

  3. Makasih telah berkunjung mas…saya fikir backlink dari blogers itu baik cuma yaiitu masuk kategori backlink nofollow….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s