Jaga Otak anda

Pernahkah anda kelabakan mencari pulpen yang baru saja anda gunakan ?, atau lupa menyimpan kunci motor ?, atau lupa menyimpan kaca mata anda ?, sudah sedemikian pikunlah saya ?. Daya ingat merupakan mekanisme serangkaian system yang begitu kompleks, setiap orang memiliki daya ingat yang berbeda-beda.

Otak manusia diciptakan sedemikian rupa untuk melakukan berbagai  macam fungsi, salah satunya mengingat. Ingatan ada dua macam, memori baru dan memori lama. Orang yang memiliki daya ingat baik adalah mereka yang bias membangkitkan memori lama dan memori baru.Pada orang paruh baya dengan gangguan demensia (penyakit organik pada otak), daya ingat mereka masih terekam dengan baik sementara apa yang baru dilakukan justru terlupakan.

Kata kunci : sibuk !

Pada usia yang relative muda antara 20-40 tahun, terkadang mudah terserang penyakit ‘blank’, tiba-tiba lupa sesuatu, tak mampu mengingat dengan baik. Apa sebenarnya yang terjadi ?, Kesibukan, ini merupakan biang keladi penyebab terganggunya memori, karena begitu banyak hal yang mesti kita ingat dan kita lakukan. Kesibukan dapat menybabkan seseorang menjadi stress, sehingga sulit berkonsentrasi.

Gangguan fungsi yang bukan disebabkan oleh gangguan organic otak sifatnya masih dapat distimulasi. Caranya :

  • Melakukan refreshing.
  • Mendengarkan music pelepas penat.
  • Melakukan sesuatu yang baru.
  • Jangan dulu melakukan kesibukan yang membosankan.
  • Asah terus kemampuan.
  • Pemberian asupan makanan yang baik untuk otak anda.
  • Memberikan pasokan glukosa dan oksigen yang cukup buat otak.

Nutrisi otak

Tidak adaa satu makanan khusus yang dapat membantu mengatrol daya ingat, yang terpenting anda harus tetap makan makan yang bergizi yang merupakan bahan bakar bagi metabolism otak. Selain factor giji olahraga teratur pun berperan penting untuk memperlancar aliran darah ke otak, dan jangan cemari otak anda dengan rokok atau minuman beralkohol.

Perkembangan otak berhenti pada usia 6b tahun, namun bukan berarti kemampuannya tidak dapat ditingkatkan lagi. Otak ibarat memiliki ribuan tangan yang dengan exercise dapat menjulur kemana-mana. Karena itu tidak ada istilah berhenti belajar, tidak ada istilah terlalu tua untuk belajar. Semakin banyak belajar, otak anda akan semakin berkembang dan terasah dengan tajam.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Jaga Otak anda

  1. Ping balik: Yang datang setelah begadang | peni faridah khaerani

  2. Ping balik: Radang menghadang | peni faridah khaerani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s