Energi Alternatif

Anda tahu bakteri, Bakteri belum terlalu dikenal sebagai sumber penghasil energi yang dapat diperbaharui. tatkala orang berpikir tentang bakteri, mereka membayangkan suatu mahkluk mikroskopik yang dapat menimbulkan penyakit. Di lingkngan kita ada banyak bakteri yang dapat menyebabkan penyakit namun ada juga bakteri yang baik dan berguna bagi manusia. Salah satu kegunaan bakteri yang ditemukan dalam penelitian adalah bagaimana cara untuk membuat bahan bakar hidrogen.

Secara teknikal, bakteri bukan sumber energi, namun bakteri tersebut bisa menghancurkan zat organik dan menghasilkan bahan bakar seperti metan, etan, dan hidrogen. Bakteri saat ini sedang dikembangkan untuk menghasilkan bahan bakar alternatif.

Yang jadi pertanyaan apakah bakteri bisa menghasilkan energi? Tidak sepenuhnya benar, bakteri tidak secara langsung dapat digunakan sebagai bahan bakar namun dapat dijadikan bahan di dalam pembuatan bahan bakar alternatif. Mereka memakan buangan organik, setelahn itu mereka mengeluarkan hasil pembuangan dimana manusia menggunakan buangan tersebut sebagai bahan bakar.

Sebagai alternatip kedepannya masyarakat dunia lambat laun akan mengalami krisis kekurangan bahan bakar jika hanya bergantung dengan salah satu bahan bakar minyak,  berbagai ide untuk menghasilkan alternatif bahan bakar terus diteliti. Buangan organik, setidaknya memiliki kesamaan atom dengan yang dipakai dalam pembuatan bahan bakar. akteri yang sedang diteliti adalah bakteri Escherichia coli yang memiliki kemampuan mengubah buangan produksi coklat menjadi hidrogen.

Sebagai contoh penelitian yang paling berhasil tentang E. coli dan sumber energi dari buangan coklat sudah diuji cobakan di Univerditas Birmingham, Inggris. Kebanyakan bakteri akan mampu melakukan fermentasi buangan organik dan menghasilkan hidrokarbon seperti gas metan dan etan. Dalam kasus E. Coli bahan bakar yang dihasilkan dari buangan coklat menghasilkan hidrogen yang dikenal dengan bahan bakar ramah lingkungan yang hanya menghasilkan air dalam proses pembakarannya. Ini merupakan sebab mengapa para peneliti rela menghabiskan waktu meneliti cara membuat bahan bakar hidrogen.

Urutan proses pengubahan bahan bakar, E. coli diawali dengan proses perusakkan sisa gula dalam proses pembuatan coklat. Peneliti di Universitas Birmingham sangat menyadari bahwa fase awal fermentasi sisa gula akan menghasilkan asam formiat/asam semut yang diteliti secara kimiawi sama dengan yang ditemukan dalam sengatan serangga. Dalam beberapa tingkat racun asam tersebut, bakteri E. coli akan bereaksi dengan mengubah asam tersebut menjadi gas hidrogen.

Yang jadi pertanyaan apakah jenis bakteri ini benar-benar menghasilkan energi yang adapat digunakan?, dari hasil tersebut hidrogen ini telah di uji coba untuk menghidupkan sebuah kipas kecil. Percobaan ini membuktikan bahwa hasil hidrogen benar-benar dapat digunakan sebagai sumber energi. Setelah berjalan beberapa bulan kemudian, dua penjelajah Inggris Andy Pag and John Grimshaw menggunakan bahan bakar alternatif dari buangan coklat ini untuk BioTruk yang akan mereka kendalikan mengarungi padang pasir Sahara. Gak cukup hanya disana, peneliti dari Universitas Warwick dapat membuat mobil balap yang bisa berjalan menggunakan bahan bakar buangan coklat ini dan diberi nama Formula 3 speedster.

Kayanya tren membuat sumber energi alternatif dari bakteri merupakan solusi yang bisa menjanjikan bagi krisis energi global. sampai sekarang bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari berbagai buangan coklat maupun bahan organik lainnya masih belum bis digunakan secara masal seperti tenaga matahari, angin maupun panas bumi.  Mudah-mudahan penelitian tentang energi dari coklat ini setidaknya bisa membuat terobosan besar dalam mengubah hasil pembuangan sisa produksi coklat yang awalnya tidak berguna menjadi sumber energi untuk pabrik yang menghasilkan coklat itu sendiri. semoga..dari berbagai sumber..

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Lingkungan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Energi Alternatif

  1. artikel yang bagus dan bermanfaat… makasih gan infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s